Sunday 4 January 2015

Resep Membuat Kue Bolu Kukus Gula Merah


Kue Bolu Kukus Gula Merah merupakan jenis kue basah yang bentuknya seperti gambar di bawah. Kue Bolu Kukus Gula Merah merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia untuk dimakan sehari-hari saat bersantai. Kue ini biasanya juga di jual sebagai jajanan pasar tradisional. Variasi resep membuat kue Bolu Kukus Gula Merah dapat menggunakan cetakan dalam berbagai bentuk. Resep Kue Bolu Kukus Gula Merah hampir mirip dengan resep kue-kue basah yang lainnya, jadi gampang untuk dipelajari.

Resep Membuat Kue Bolu Kukus Gula Merah
Kue Bolu Kukus Gula Merah

Resep Kue Bolu Kukus Gula Merah ini sangat mudah membuatnya. ibu-ibu bisa membuatnya sendiri di rumah walaupun tersedia di pasaran, namun membuat sendiri akan menjadi lebih murah dan kita akan memperoleh kepuasan tersendiri. Bagi ibu-ibu (bapak-bapak juga boleh) yang ingin mencoba membuat Kue Bolu Kukus Gula Merah di rumahnya, silahkan baca dan pelajari dulu artikel ini. Setelah ibu-ibu mengerti tentang resep dan cara mudah membuat Kue Bolu Kukus Gula Merah yang enak dan lezat secara bertahap dari mulai menyiapkan bahan-bahan, hingga membuat Kue Bolu Kukus Gula Merah, silahkan memulainya, semoga hasilnya nanti memuaskan, aamiin.

Bahan dan cara membuat bolu kukus gula merah

  • 200 gram Gula merah / aren / palem 
  • 250 gram Terpung terigu segitiga biru 
  • 50 gram Gula pasir 
  • 1 butir Telur 
  • 125 ml Minyak sayur 
  • ½ sdt Soda kue 
  • ¼ sdt Baking powder 
  • 200 ml Air hangat 

Cara membuat bolu kukus gula merah

  1. Iris gula merah, kemudian rebus dengan air hangat hingga gula merahnya larut
  2. Siapkan wadah, masukkan telur, gula pasir, soda kue, dan baking powder, kemudian kocok dengan mixer sampai lembut dan mengembang.
  3. Tuangkan air gula merah ke adonan secara bertahap, masukkan juga tepung terigu dilanjutkan dengan minyak sayur, kemudian aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  4. Siapkan cetakan yang sebelumnya dilapisi kertas, tuangkan adonan kedalamnya (jangan terlalu penuh)
  5. Kukus adonan selama ±30 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  6. Kue bolu kukus gula merah yang lezat sudah siap untuk dihidangkan

Resep kue Bolu Kukus Gula Merah ini cukup mudah untuk dipelajari, akan lebih baik jika anda praktekkan secara langsung. Resep kue Bolu Kukus Gula Merah ini pun cukup sederhana dan bahan dasarnya juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan di toko-toko kue atau swalayan di sekitar rumah anda.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.