Sunday 13 December 2015

Resep Cara Membuat Kue Widaran Gurih Khas Jawa Tengah

Kue Widaran merupakan jenis kue basah yang bentuknya seperti gambar di bawah. Kue Widaran merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah yang digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dimakan sehari-hari saat bersantai. Kue ini juga biasa di jual sebagai jajanan pasar tradisional. Resep Kue Widaran hampir mirip dengan resep membuat kue kering yang lainnya, jadi gampang untuk kita pelajari.

Kue Widaran Khas Jawa Tengah

Resep Kue Widaran  ini sangat mudah membuatnya. ibu-ibu bisa membuatnya sendiri di rumah walaupun tersedia di pasaran, namun membuat sendiri akan menjadi lebih murah dan kita akan memperoleh kepuasan tersendiri. Bagi ibu-ibu yang ingin mencoba membuat Kue Widaran di rumahnya, silahkan baca dan pelajari dulu artikel ini. Setelah ibu-ibu mengerti tentang resep dan cara mudah membuat Kue Widaran yang enak dan lezat secara bertahap dari mulai menyiapkan bahan-bahan, hingga membuat Kue Widaran, silahkan memulainya, semoga hasilnya nanti memuaskan, aamiin.

Bahan dan cara membuat Kue Widaran Khas Jawa Tengah

BAHAN :
250 gr tepung ketan
100 ml santan kental
1 butir telur, kocok hingga berbuih
Sedikit garam

BAHAN GULA SALUT/PELAPIS :
100 gr gula pasir
50 ml air

CARA MEMBUAT :
  1. Campur tepung ketan, garam, dan telur. Aduk rata dan remas sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk. Ambil adonan sesendok demi sesendok, gulung memanjang sebesar batang pensil, bentuk menyerupai angka 8.
  2. Untuk mempercepat proses penggorengan, siapkan dua wajan, masing-masing berisi minyak goreng yang belum dipanaskan.
  3. Masukkan secukupnya adonan yang telah dibentuk angka 8 ke dalam satu wajan. Nyalakan api sedang, goreng hingga mengembang dan matang. Matikan api, tiriskan.
  4. Goreng bagian adonan angka 8 berikutnya dalam wajan lain yang berisi minyak dingin. Lakukan cara demikian berselang-seling sampai adonan habis.
  5. Dalam penggorengan yang bersih dengan api kecil, larutkan gula dan air sampai kental. 
  6. Masukkan kue widaran goreng, aduk cepat dan rata.
  7. Angkat, dinginkan sampai gula kering. Simpan dalam stoples atau wadah kedap udara agar kue tahan lama dan terjaga kerenyahannya. 


Tips tambahan : Sebelum disalut/dilapisi gula, kue widaran harus benar-benar dalam keadaan kering supaya tidak keras ketika disantap. Bila diperlukan, jemur di bawah sinar matahari selama lebih kurang 1 jam.
Resep kue Widaran ini cukup mudah untuk dipelajari, akan lebih baik jika anda praktekkan secara langsung. Resep kue Widaran ini pun cukup sederhana dan bahan dasarnya juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan di toko-toko kue atau swalayan di sekitar rumah anda.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.