Friday 26 December 2014

Resep dan Cara Sederhana Membuat Kue Donat Ubi dengan Mudah

Kue Donat Ubi merupakan jenis kue kering yang bentuknya seperti gambar di bawah. Kue Donat Ubi merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia untuk dimakan sehari-hari sebagai cemilan saat bersantai. Kue Donat Ubi biasanya juga kita hidangkan untuk tamu baik itu tetangga, teman atau kerabat yang datang ke rumah kita. Bahan utama Kue Donat Ubi adalah tepung, telur dan ubi kayu. Resep Kue Donat Ubi hampir mirip dengan resep kue-kue kering yang lainnya, bedanya hanya terletak pada cara membuat dan bahannya saja.

Resep Sederhana Cara Membuat Kue Donat Ubi

Resep kue Donat Ubi ini sangat mudah membuatnya. ibu-ibu bisa membuatnya sendiri di rumah walaupun tersedia di pasaran, namun membuat sendiri akan menjadi lebih murah dan kita akan memperoleh kepuasan tersendiri. Bagi ibu-ibu (bapak-bapak juga boleh) yang ingin mencoba membuat Kue Donat Ubi di rumahnya, silahkan baca dan pelajari dulu artikel ini. Setelah ibu-ibu mengerti tentang resep dan cara mudah membuat Kue Donat Ubi yang enak dan lezat secara bertahap dari mulai menyiapkan bahan-bahan, hingga membuat Kue Donat Ubi, silahkan memulainya, semoga hasilnya nanti memuaskan, aamiin.

Bahan sederhana untuk membuat Kue Donat Ubi

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah ubi kayu, kupas dan cuci hingga bersih
  • ½ sendok teh fernipan
  • 1 ons margarin, sebagai untuk olesan dan sebagian dilelehkan
  • Garam dan air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula bubuk sebagai taburan

Cara Sederhana Membuat Kue Donat Ubi dengan Mudah

  1. Kukus ubi kayu hingga matang dan haluskan selagi panas, biar lembut. 
  2. Taruh diwadah, lalu campurkan tepung terigu, telur, mentega cair, fernipan dan garam. Aduk semuanya hingga rata, dan beri sedikit air. 
  3. Uleni hingga kalis, diamkan kurang lebih 30 menit.
  4. Bulatkan adonan sesuai dengan selera, dan beri lubang ditengahnya, seperti bentuk donat pada umumnya.
  5. Goreng hingga berwarna agak kecoklatan. Angkat.
  6. Olesi donat dengan sisa margarin tadi, taburi dengan gula bubuk. 
  7. Kue donat ubi siap untuk dihidangkan.
Catatan :
Ada beberapa sumber yang share cara membuat donat ubi dari tepung ubi, resep ini sama saja, langkah no 1 tidak perlu dilakukan, lansung saja campurkan tepung ubi pada langkah no 2.

Resep kue Donat Ubi ini cukup mudah untuk dipelajari, akan lebih baik jika dipraktekkan secara langsung. Resep kue Donat Ubi ini pun cukup sederhana dan bahan dasarnya juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan di toko-toko kue. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.